Motor Klasik Tahun 90an: Ikon Kebanggaan dan Gaya Hidup

Share

Motor klasik tahun 90an tidak hanya sekedar alat transportasi, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup dan identitas personal. Di Indonesia, beberapa motor tersebut telah menjadi legenda dan masih diburu hingga saat ini.

Honda Tiger: Sang Legenda yang Tak Lekang oleh Waktu

Honda Tiger dikenal sebagai salah satu model tersukses Honda di Indonesia. Motor ini hadir dengan gaya cruise di awal ’90-an dan menjadi pembeda dengan model lain yang mayoritas mengusung mesin 2-tak. Dengan kapasitas mesin 200 cc 4-tak, Tiger menjadi produk papan atas Honda atau istilahnya flagship dari saudaranya yaitu Honda GL Pro.

Sejarah dan Evolusi

Berawal dari tahun 1993 hingga disuntik mati tahun 2013, Honda Tiger memiliki lima generasi. Meski tampilannya terus diperbaharui, Honda setia menyematkannya dengan mesin 200 cc. Motor ini terbilang mahal di zamannya dan menjadi simbol status bagi pemiliknya.

Kegemaran Modifikasi

Hingga saat ini Honda Tiger banyak diburu untuk dimodifikasi menjadi cafe racer. Para penggemar motor klasik seringkali memilih Tiger karena kemudahan dalam modifikasi dan ketersediaan suku cadang.

Suzuki Satria: Kecil-Kecil Cabe Rawit

Suzuki Satria terkenal sejak 1997 dan masih diproduksi sampai sekarang. Dengan masa produksi yang lama, motor ini dijuluki sebagai motor legendaris.

Era 2-Tak dan 4-Tak

Satria terbagi menjadi dua era, yakni era 2-tak dan 4-tak. Era 2-tak dimulai sejak 1997 dengan keluarannya Satria 120S dan berakhir di Satria RU 120 LSCM yang diperkenalkan tahun 2003. Sementara era 4-tak dimulai dengan Satria F150 yang diluncurkan pada 2004.

Baca Juga  Motor Bebek Paling Irit: Pilihan Terbaik untuk Efisiensi Bahan Bakar

Popularitas dan Penggunaan

Nama Satria sudah terkenal sejak 1997 dan masih diproduksi sampai sekarang. Dengan masa produksi yang lama, tak heran jika motor ini dijuluki sebagai motor legendaris.

Kawasaki Ninja 150 RR: Si Kencang yang Melegenda

Kawasaki Ninja 150 RR hadir di Indonesia sejak tahun 2002 hingga 2014. Motor sport 2-tak ini terhitung sebagai motor legendaris tak hanya karena sudah disuntik mati, tapi juga memiliki performa mesin yang kencang.

Performa dan Peminat

Sudah tujuh tahun diskontinu, harga tertinggi Ninja 150 RR kabarnya tembus di angka Rp 60 jutaan dengan kondisi yang benar-benar baru. Motor ini tak hanya digemari para pecinta kecepatan, tapi banyak juga penggemar modifikasi yang menyukainya.

Modifikasi dan Kultur

Motor ini tak hanya digemari para pecinta kecepatan, tapi banyak juga penggemar modifikasi yang menyukainya. Ninja 150 RR sering dijadikan basis untuk modifikasi street racing atau bahkan drag bike.

Yamaha F1ZR: Sang Penakluk Jalanan

Yamaha F1ZR merilis dua generasi pada tahun 1997 hingga 2004. Motor ini memiliki suara mesin yang halus dan tidak bising, sehingga menjadi favorit banyak penggemar motor klasik.

Sejarah dan Generasi

Yamaha merilis F1ZR dengan dua generasi pada tahun 1997 hingga 2004. Motor ini memiliki suara mesin yang halus dan juga tidak bising, sehingga menjadi favorit banyak penggemar motor klasik.

Penggunaan dan Popularitas

Pada tahun 90-an, F1ZR adalah motor yang sering digunakan oleh masyarakat mulai dari pekerja kantoran, guru sekolah, pedagang, untuk pergi ke perkebunan hingga digunakan sebagai touring.

Motor klasik tahun 90an memang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Mereka tidak hanya mencari kendaraan, tetapi juga mencari koneksi dengan masa lalu dan sebuah cerita yang bisa diceritakan melalui setiap detail motor tersebut.

Baca Juga  Motor Listrik: Teknologi Hijau yang Menggerakkan Dunia
  • July 23, 2024